
Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Bahau Hulu
Pengarang : Lenjau Kuleh
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 006 bahau hulu pada semester i tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 006 bahau hulu yang berjumlah 6 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 3 siswa dan perempuan berjumlah 3 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (disiplin, kerjasama dan santun), dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas iv sdn 006 bahau hulu. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 33% pada siklus ii meningkat menjadi 83%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 17% pada siklus ii meningkat menjadi 83%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 50% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: ptk, hasil belajar, metode demonstrasi
Abstrak Indonesia
This type of research is action research (ptk) held at sdn 006 bahau hulu in the first semester of the school year 2016/2017. the subjects were students of class iv sdn 006 bahau hulu which amounted to 6 students with male students and female students amounted to 3 totaling 3 students. this study was conducted in two cycles each cycle consisting of 2 meetings. the procedure each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. the data obtained in this study include observation sheet activities of teachers, assessment of cognitive aspects (achievement test), affective (discipline, cooperation and courtesy), and psychomotor aspects. the results showed that by using the method of demonstration can improve learning outcomes civics in grade iv sdn 006 bahau hulu. it can be seen from the results obtained in each cycle, the first cycle completeness cognitive aspects of student learning outcomes 33% on the second cycle increased to 83%. in the first cycle completeness affective aspects of student learning outcomes 17% on the second cycle increased to 83%. then on the first cycle completeness psychomotor aspects of student learning outcomes 50% on the second cycle increased to 100%. it can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. keywords: ptk, learning outcomes, methods demonstration