UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas V SDN 008 Tanjung Palas

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas V SDN 008 Tanjung Palas

Pengarang : Lajung Udau

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian tindakan kelas (ptk) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) di kelas v sdn 008 tanjung palas. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 2 observasi dan tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan afektif siswa, lembar pengamatan psikomotorik siswa, dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus i ke siklus ii. presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 60,00% meningkat sebesar 20,00% sehingga menjadi 80,00% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia di kelas v sdn 008 tanjung palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, ips, model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht)

Abstrak Indonesia

Classroom action research (ptk) aims to improve learning outcomes ips on the material struggle for indonesian independence using cooperative learning model numbered heads together (nht) in class v sdn 008 tanjung palas. classroom action research (ptk) is conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation/observation and reflection. data collection techniques used are two observation and tests. data collection instruments used were a test of learning outcomes, student observation sheet affective, psychomotor observation sheet student and teacher observation activity sheet in the management of learning. the average results of study on cognitive aspects increase from the first cycle to the second cycle. percentage of classical learning success in the first cycle of 60.00% increased by 20.00% to be 80.00% in the second cycle. conclusion action research (ptk) is the implementation of cooperative learning model numbered heads together (nht) on the material struggle for indonesian independence in class v sdn 008 tanjung palas can improve student learning outcomes. keywords: learning outcomes, ips, cooperative learning model numbered heads together (nht)