
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas V SDN 018 Tanjung Palas
Pengarang : Jarniah HD
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division (stad) di kelas v sdn 018 tanjung palas. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. subyek penelitian adalah siswa kelas v sdn 018 tanjung palas yang berjumlah 12 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 65,22% dari kriteria ketuntasan minimum 70. setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan siklus ii, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66,67% menjadi 83,33% masing-masing siklus. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division (stad) dalam pembelajaran ips di kelas v sdn 018 tanjung palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, ips, model pembelajaran kooperatif tipe stad
Abstrak Indonesia
This study aims to improve learning outcomes social science using cooperative learning model student teams achievement division (stad) in class v sdn 018 tanjung palas. this research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. subjects were students of class v sdn 018 tanjung palas amounting to 12 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheet, student assessment sheets affective, and psychomotor assessment form students in learning management. the analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. these results indicate that an increase in student learning outcomes. the results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 65.22% of the minimum completeness criteria 70. after the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 66.67% to 83 , 33% of each cycle. it can be drawn a conclusion that the implementation of cooperative learning model student teams achievement division (stad) in the social studies lesson in class v sdn 018 tanjung palas can improve student learning outcomes. keywords: learning outcomes, social science, cooperative learning modelstad