
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Long Uro Tahun Ajaran 2016/2017
Pengarang : Jalung
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 002 long uro pada semester i tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 002 long uro yang berjumlah 12 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 7 siswa dan perempuan berjumlah 5 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas iv sdn 002 long uro. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 33% dengan nilai rata-rata 52 dan pada siklus ii meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 79. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: ptk, hasil belajar, kooperatif tipe make a match
Abstrak Indonesia
This type of research is action research (ptk) held at sdn 002 long uro in the first semester of the school year 2016/2017. the subjects were students of class iv sdn 002 long uro amounting to 12 students with male students and female students amounted to 7 totaling 5 students. this study was conducted in two cycles each cycle consisting of 2 meetings. the procedure each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. the data obtained in this study include observation sheet teacher activities, student activity sheets observation and assessment of cognitive (achievement test). the results showed that using cooperative learning model make a match can improve learning outcomes in bahasa indonesia in grade iv sdn 002 long uro. it can be seen from the results obtained in each cycle, the first cycle completeness cognitive aspects of student learning outcomes 33% with the value of the average 52 and on the second cycle increased to 100% with the value of the average 79. it can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. keywords: ptk, learning outcomes, cooperative type make a match