
Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Diri Sendiri Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas I-A SDN 009 Sesayap
Pengarang : Jainab
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik siswa dengan penerapan metode demonstrasi di kelas i-a sdn 009 sesayap. subjek peelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas i-a sdn 009 sesayap yang berjumlah 20 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,obesrvasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil belajar mata pelajaran ipa siklus i memiliki ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 50% yakni 10 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. sedangkan pada siklus ii, ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 80% yakni 16 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, mata pelajaran ips siklus i memiliki ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 60% yakni 12 siswa yang tuntas dan 8 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. sedangkan pada siklus ii, ketuntasan belajar klasiskal siswa mencapai 90% yakni 18 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, mata pelajaran matematika siklus i memiliki ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 50% yakni 10 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. sedangkan pada siklus ii, ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 80% yakni 16 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran tematik di kelas i-a sdn 009 sesayap dapat meningkatkan hasil belajar pada tema diriku. kata kunci: hasil belajar, tematik, demonstrasi
Abstrak Indonesia
The aim of this research is to know the increase of the student thematic result study by using thematic learning model to grade i-a students sdn 009 sesayap. the subject of this classroom research is the 20 student of sdn 009 in grade i-a. the classroom research is done in 2 cycles. each of them consist of 4 phases, they are planning, the act implementation, observation, and reflection. the data gathering techniques used are test and observation. the result study of science in cycle 1 has the exhaustiveness to 50% where there are 50 students are accomplished and 50 students do not reach the minimum exhaustiveness score. while in cycle ii the classical exhaustiveness learning reach 80% where there are 16 student are accomplished and there is 4 student that is not reach the minimum exhaustiveness score, social science cycle 1 has the classical exhaustiveness learning student 60% where 12 students are accomplished and 8 students that do not reach the minimum exhaustiveness score. in cycle ii the classical exhaustiveness learning student reach 90% where 10 students are accomplished and 2 students do not reach minimum exhaustiveness score. cycle 1 in math the classical exhaustiveness learning is 50% where 10 students has the classical exhaustiveness learning and 10 students do not reach the minimum exhaustiveness score. while in cycle ii classical exhaustiveness learning student reach 90% where 18 students are accomplished and 2 students do not reach minimum exhaustiveness score. the conclusion of this classroom research is the research by using demonstration method in thematic learning to student grade i-a sdn 009 sesayap increases the result study in lesson environment. keywords: result study, thematic, demonstration