
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN 005 Pujungan
Pengarang : Ipau Ului
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas iii sdn 005 pujungan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 005 pujungan pada semester i tahun ajaran 2015/2016. subjek penelitian adalah siswa kelas iii sdn 005 pujungan yang berjumlah 4 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 2 siswa dan perempuan berjumlah 2 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar ips materi lingkungan sekitar siswa kelas iii sdn 005 pujungan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 50% pada siklus ii meningkat menjadi 75%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 50% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 25% pada siklus ii meningkat menjadi 75%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, media gambar
Abstrak Indonesia
The objective of this study is to improve the student’s learning achievement by using the picture at class iii students of sdn 005 pujungan. the research design of this study is classroom action research (car) that is done in sdn 005 pujungan at second semester in academic year of 2016/2017. the subjects of this research are students of iii class in sdn 005 pujungan which consists of 2 male and 2 female students. the research is conducted in two cycles. each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. the data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. the result of this research shows that by using the picture can improve students’ achievement in learning social science especially for surrounding environment material at the iii-b class in sdn 005 pujungan. it can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle i, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 50%, and having an improvement in cycle ii, that is 100%. in addition, in cycle i, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 25%, and having an improvement in cycle ii, that is 100%. next, in cycle i, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 75%, and having an improvement in cycle ii, that is 92%. therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. keywords: learning achievement, the picture