UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir

Penggunaan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir

Pengarang : Intan Tabanur

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas iv sdn 005 sesayap hilir. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan, dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yang dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, dan lembar penilaian aktivitas guru. penerapan pembelajaran matematika materi pengukuran menggunakan metode demonstrasi di kelas iv sdn 005 sesayap hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, peningkatan tersebut ditandai dengan sebelum metode eksperimen digunakan pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas iv sdn 005 sesayap hilir ketuntasan hasil belajar yang dicapai hanya 53%, namun setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode eksperimen pad a siklus i diperoleh nilai dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 71% dan pada siklus ii diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 100%. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ipa materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan menggunakan metode eksperimen di kelas iv sdn 005 sesayap hilir. kata kunci: hasil belajar ipa, materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan, menggunakan metode eksperimen

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve learning outcomes material science structure and function plant part uses an experimental method in the fourth grade students of sdn 005 sesayap downstream. classroom action research was conducted in two cycles, each cycle is done in 2 meetings, and each cycle consists of four stages starting from planning, action, observation. and reflection. data collection techniques used are test and non-test. data collection instruments used were a test of learning outcomes, assessment of student activity sheets. and assessment sheets teacher activity. the application of mathematical learning material measurements using demonstration method in class iv sdn 005 sesayap downstream can improve student learning outcomes characterized by increased completeness of student learning outcomes, the increase is marked by before an experimental method used in the material structure and function of plant parts in class iv sdn 005 sesayap downstream completeness learning outcomes achieved only 53%, but after learning using the experimental method in the first cycle with the values obtained in classical completeness percentage at 71% and the second cycle obtained in classical completeness percentage of 100%. berdasarkan results of research and discussion, it can be concluded tbat an increase in material science learning outcomes structure and function of plant parts using the experimental method in class iv sdn 005 sesayap downstream. keywords: learning outcomes ipa, material structure and junction oj plant parts, uses experimental methods