
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 004 Sesayap
Pengarang : Hidayat
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ipa materi penggolongan hewan siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas iv sdn 004 sesayap. subjek penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas iv sdn 004 sesayap yang berjumlah 11 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil belajar ipa pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal mencapai 64%, dan pada siklus ii terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 91%. kesimpulan ptk ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar ipa materi penggolongan hewan siswa kelas iv sdn 004 sesayap. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran picture and picture
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to determine the increase in material science learning achievement of students with the application of animal classification learning model picture and picture-in-class iv sdn 004 sesayap. subject action research (ptk) is the fourth grade students of sdn 004 sesayap a total of 11 students. action research (ptk) was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. data collection techniques used are tests and observation. ipa learning results in cycle 1 classical learning completeness reached 64%, and the second cycle increased learning outcomes with classical learning completeness 91%. the conclusion of this ptk is the application of learning models picture and picture can improve learning achievement material science classification animal fourth grade students of sdn 004 sesayap. keywords: learning achievement, learning model picture and picture