
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sesayap
Pengarang : Hasnawati T.
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas iv sdn 004 sesayap ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) penguasaan meteri yang kurang oleh siswa, (2) guru hanya menggunakan metode ceramah saat memberikan materi (3) kurangnya interaksi antara guru dan siswa saat proses pembelajaran. tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran numbered heads together di kelas iv sdn 004 sesayap. subjek penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas iv sdn 004 sesayap yang berjumlah 11 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil belajar matematika pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal mencapai 55%, dan pada siklus ii terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 91%. kesimpulan ptk ini adalah penerapan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas iv sdn 004 sesayap. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran numbered heads together
Abstrak Indonesia
Based on observations in grade iv sdn 004 sesayap found any problems, namely (1) mastery meteri less by students, (2) teachers only use the lecture method while providing materials (3) the lack of interaction between teachers and students during the learning process. the purpose of this study was to determine the increase in learning outcomes of students with the application of mathematics learning model numbered heads together in class iv sdn 004 sesayap. subject action research (ptk) is the fourth grade students of sdn 004 sesayap a total of 11 students. action research (ptk) was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. data collection techniques used are tests and observation. mathematics learning outcomes in cycle 1 classical learning completeness reached 55%, and the second cycle increased learning achievement with classical learning completeness 91%. the conclusion of this ptk is the application of learning model numbered heads together to improve learning outcomes maths grade iv sdn 004 sesayap. keywords: learning achievement, learning model numbered heads together