UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV Di SDN 001 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV Di SDN 001 Sesayap Hilir

Pengarang : Harianto

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas iv sdn 001 sesayap hilir. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) dengan menggunakan 2 siklus. setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subyek penelitian ini adalah siswa kelas iv sdn 001 sesayap hilir dengan subjek penelitian berjumlah 21 orang siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru, kegiatan siswa, dan lembar evaluasi tes hasil belajar. hasil penelitian menujukkan bahwa aktifitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus 1 hingga siklus 2. hasil belajar siswa pun setiap siklus juga mengalami peningkatan. hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya presentase ketuntasan belajar setiap siklus. pada siklus 1 85,71% meningkat menjadi 100% pada siklus 2. maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dapat meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn 001 sesayap hilir. kata kunci: meningkatkan hasil belajar ipa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning

Abstrak Indonesia

This research purposes to increase the students achievement of science using contextual teaching and learning (ctl) approach in the fourth grade the students of sdn 001 sesayap hilir. this research is classroom action research, using two cycles. each cycle is consisted of four steps, they are planning, action, observing, and reflecting. the subject of this research is the students of the fourth grade the students of sdn 001 sesayap hilir, consisted of 21 students. the data is collected by using observation sheet of teachers activity, students activity, and evaluation sheet of students achievement test. the result shows that the students and teachers activity increase from the first cycle to the second cycle. the students achievement also increase each cycle. it can be seen from the increasing of mastery learning percentage each cycle. in the first cycle the percentage increase from 85,71% to 100% in the second cycle. it can be concluded that the using of contextual teaching and learning (ctl) approach can increase the students achievement of science in the students of fourth grade sdn 001 sesayap hilir. keywords: increasing the students achievement of science using contextual teaching and learning (ctl) approach