
Meningkatkan Keterampilan Membaca Tema Lingkungan Menggunakan Media Benda Konkret Dan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I SDN 007 Malinau Selatan Hilir
Pengarang : Elkati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada tema lingkungan dengan menggunakan media benda konkret dan kartu huruf pada siswa kelas i sdn 007 malinau selatan hilir. penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas i sdn 007 malinau selatan hilir tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 12 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitiann yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan 75 % siswa mencapai kkm yang telah ditetapkan yaitu 70. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret dan kartu huruf terbukti mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas i sdn 007 malinau selatan hilir. penelitian ini lebih menekankan pada tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. ketuntasan pada aspek kognitif mengalami peningkatan setelah menggunakan media benda konkret dan kartu huruf pada siklus i diperoleh 67% menjadi 92% pada siklus ii. pada aspek psikomotorik pada siklus i diperoleh dengan kategori cukup dengan persentase 67% dan meningkat menjadi 83% pada siklus ii dengan kategori baik sekali. aspek afektif pada siklus i diperoleh dengan kategori cukup dengan persentase 58% dan meningkat menjadi 92% pada siklus ii dengan kategori baik sekali. dengan tercapainya kkm dan ketuntasan hasil belajar yang telah ditentukan, maka penelitian ini dianggap berhasil. kata kunci: keterampilan membaca, media benda konkret dan kartu huruf
Abstrak Indonesia
Aims of this study are to improve reading skill students on environment themes using media of concrete objects and letters card of i grade student at sdn 007 malinau selatan hilir. this study includes classroom action research with the subject of research is the i grade at sdn 007 malinau selatan hilir in academic year 2015/2016 which amounts to 12 students. this study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. the research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet and achievement test. indicators of success in this research is characterized by increasing reading skills of student with 75% of students can achieve in kkm which determined at 70. the results of this study is indicating that using media of concrete objects and letters card has proven to improve reading skill students of i grade student at sdn 007 malinau selatan hilir. this study emphasizes on the three aspects of cognitive, psychomotor and affective. exhaustiveness on cognitive aspects increased after using media of concrete objects and letter card on the first cycle obtained 67% to 92% in the second cycle. in psychomotor aspect in the first cycle was obtained with percentage of 67% and increased to 83% in the second cycle. affective aspects in the first cycle was obtained with percentage of 58% and increased to 92% in the second cycle. keywords: reading skill students, media of concrete objects and letters card