UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Negeri 2 Tana Tidung Kelas VII Pada Konsep Fotosintesis Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI))

Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Negeri 2 Tana Tidung Kelas VII Pada Konsep Fotosintesis Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI))

Pengarang : Yuli Astry Yanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa di smp negeri 2 tana tidung mengalami miskonsepsi pada konsep fotosintesis. penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh dimana teknik ini mengambil semua populasi sebagai sampel. instrumen menelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda beralasan terbuka disertai kolom cri / tingkat keyakinan siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 34,18% siswa yang paham konsep, 9,69% siswa paham konsep tetapi kurang yakin, 36,37% siswa mengalami miskonsepsi, dan 19,59% siswa tidak tahu konsep. berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi lebih banyak dibandingkan pada kategori-kategori lain. miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada konsep gas yang dilepaskan oleh tumbuhan pada saat proses fotosintesis.

Abstrak Indonesia

This study aims to find out whether students at smp negeri 2 tana tidung experience misconceptions in the concept of photosynthesis. this research is quantitative descriptive research with survey method. sampling is done by using saturation sampling that takes all population as the sample. the instrument used in this study is open reasoned multiple choice test with a cri colum /student confidence level. the results showed that there were 34.18% of students who understood the concept, 9.69% of students understood the concept but were unsure, 36.37% of students experienced misconceptions, and 19.59% students do not know the concept. based on these data it can be seen that the number of students whe experienced misconception during the photosynthesis process. are more than other categories. the misconceptions experienced by students occur mostly in the concept of gas released by plants.