
Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 003 Sesayap Hilir
Pengarang : Abdullah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa materi pembuatan makanan pada tumbuhan hijau menggunakan model metode pembelajaran demontrasi di kelas v sdn 003 sesayap hilir. dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (ptk) dengan dua siklus. bentuk tes berupa soal pilihan ganda dan bersifat individu. soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas v sdn 003 sesayap hilir dengan jumlah siswa 7 orang. teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa). hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ipa siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada materi pembuatan makanan pada tumbuhan hijau. rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 71,4% pada siklus i menjadi 85,7% pada siklus ii. peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik. kata kunci: hasil belajar, penerapan metode demonstrasi
Abstrak Indonesia
The objective of this research is to improve students’ learning achievements on natural science subject’s material of identifying green plant’s way in making food which was taught by using demonstration method at fifth grade students of sdn 003 sesayap hilir. the implementation of this research using classroom action research (ptk) with two cycles.the test instrument wasin the form of individual multiple choice. the question were suited with its special instructional objective which has been formulated. the subjects of this research were 7 students of class v sdn 003 sesayap hilir.tehnique of data analysis used in this research were qualitative data (students' attitudes) and quantitative (student’s learning achievements). the results of this research showed that there was an improvement and success on students’ learning achievements which was conducted in this research. the evaluation result at cycle i showed that students’ passing grades were (71.4%) and at cycle ii, the students’ passing grades were (85.7%). that improvement proved that students’ masteries level can be categorized as good. keywords: learning achievement, demonstration method