
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas IV-D SDN 041 Tarakan
Pengarang : Zulkarnaen Edra Putra
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips materi perkembangan teknologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas iv-d sdn 041 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 041 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2015/2016. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-d sdn 041 tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 15 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (teliti, bertanggung jawab dan kerja sama), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar ips materi perkembangan teknologi siswa kelas iv-d sdn 041 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 67% pada siklus ii meningkat menjadi 94%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 60% pada siklus ii meningkat menjadi 93%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 53% pada siklus ii meningkat menjadi 90%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
Abstrak Indonesia
The objective of this study is to improve students’ achievement in improving social science especially for technological development material by using cooperative learning type of think pair share at the iv-d class in sdn 041 tarakan. the research design of this study is classroom action research (car) that is done in sdn 041 tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. the subjects of this research are students of iv-d class in sdn 041 tarakan which consists of 15 male and 15 female students. the research is conducted in two cycles. each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. the data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (conscientious,responsible, coeration) and psychomotor assessment (groups’ presentation). the result of this research shows that by using cooperative learning type of think pair share can improve students’ achievement in improving social science especially for technological development material at the iv-d class in sdn 041 tarakan. it can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle i, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 67%, and having an improvement in cycle ii, that is 94%. in addition, in cycle i, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 60%, and having an improvement in cycle ii, that is 93%. next, in cycle i, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 53%, and having an improvement in cycle ii, that is 90%. therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. keywords: learning achievement, model of cooperative learning type think pair share