
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Materi Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDN 002 Tarakan
Pengarang : Yulianah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada materi makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas v-b sdn 002 tarakan. subjek penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas v-b sdn 002 tarakan yang berjumlah 32 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil belajar pada siklus 1 ketuntasan belajar 69%, dan pada siklus ii terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 88%. ptk ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di kelas v-b sdn 002 tarakan. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di kelas v-b sdn 002 tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi makhluk hidup dan proses kehidupan. kata kunci: hasil belajar, ipa, kooperatif tipe scramble
Abstrak Indonesia
The aim of the research was to improve the students’ learning achievement on ipa by using cooperative type scramble model at class v-b sdn 002 tarakan. the design of the research was classroom action research (car). the subject of the research was the students of class v-b sdn 002 tarakan. the total of the students was 32 students. the research was conducted into 2 cycles. the cyles was consisted of four stages; planning, doing; observing; and reflection. the techninques of collecting data were test and observation. the learning achievement at cycle at cycle 1 was 69%, and the learning achievement at cycle 2 was 88%. the students’ learning achievement was increasing from cycle 1 to cycle 2 was 12% the conclusion of the research was the used of cooperative type scramble model in teaching learning process improved the students learning achievement particularly at class v-b sdn 002 tarakan. keywords: learning achievement, ipa, scramble