
Penggunaan Alat Peraga Mistar Bilangan Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Minat Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VB SDN 027 Tarakan
Pengarang : Yuliana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas v sdn 027 tarakan. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observating (pengamatan), dan reflecting (refleksi). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran, dan lembar observasi angket minat belajar siswa. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek angket minat belajar siswa siklus i yaitu 57% dengan kategori cukup. mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu 79% dengan kategori baik. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus i yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 47% dengan jumlah siswa 15 orang sedangkan yang tidak tuntas yaitu 53% dengan jumlah siswa 17 orang mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu siswa yang tuntas yaitu 78% dengan jumlah siswa 28 siswa dan tidak tuntas yaitu 22 dengan jumlah siswa 7 orang. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan pada materi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas v sdn 027 tarakan dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar siwa. kata kunci: keaktifan dan minat belajar, mistar bilangan, penjumlahan bilangan bulat
Abstrak Indonesia
This research aims to enhance the activity and interest in learning mathematics on the material sum of the integers fifth grade students of sdn 027 tarakan. this type of research used by researchers is a class action research (ptk). action research (ptk) was conducted in two cycles, each of the four components, namely planning (planning), action (action), observating (observation), and reflecting (reflection). data collection techniques used are test and non-test. data collection instruments used were a test of learning outcomes, assessment sheets student activity observation in the management of learning and observation sheet questionnaire student interest. average of completeness in the classical student learning outcomes on student interest questionnaire aspects of the first cycle is 57% with sufficient category. increased in the second cycle is 79% with the good category. average of completeness of student learning outcomes in the classical style on cognitive aspects in the first cycle ie students who have completed ie 47% the number of students 15 people, while incomplete at 53% the number of students 17 people has increased in the second cycle is complete student is 78% the number of students 28 students and finished at 22 the number of students 7. based on these results it can be concluded that by using props crossbar sum of numbers in the material integers fifth grade students of sdn 027 tarakan can enhance the activity and interest in learning students. keywords: liveliness and interest in learning, ruler numbers, summation integer