UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN 033 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN 033 Tarakan

Pengarang : Wijayanti Setya Ningrum

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) pada siswa kelas v sdn 033 tarakan pada materi menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian adalah siswa kelas v-b sdn 033 tarakan yang berjumlah 34 orang siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotorik), lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus i sebesar 41,2% menjadi 88,2% pada siklus ii, hasil belajar afektif pada siklus i sebesar 5,9% menjadi 97,1%, dan hasil belajar psikomotorik pada siklus i sebesar 2,9% menjadi 97,1%, dan aktivitas dalam guru dan siswa pembelajaran menjadi meningkat dari siklus i ke siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas ini mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas v sdn 033 tarakan. kata kunci: hasil belajar matematika, model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament

Abstrak Indonesia

This study was aimed at improving mathematic learning result using cooperative learning model of team's games tournament at student's class v sdn 033 tarakan on the material about summing and subtracting various fractions. the type of this research was classroom action research which was conducted in two cycles, each of them consisted of 4 steps, namely planning, action, observation, and reflection. the subject of the study was the students at class v-b sdn 033 tarakan that consisted of 34 students. the data obtained by using learning result test (cognitive, affective, and psychometric), observation sheet of the teacher’s activity and observation sheet of the students’ activity. based on the result of the study, it was obtained the mean score of the cognitive learning result in cycle i that was equal to 41,2% became 88,2% in cycle ii, the affective learning result in cycle i that was equal to 5,9% became 97,1% in cycle ii, and the psychomotor learning result in cycle i that was equal to 2,9% became 97,1% in cycle ii and the teacher and students’ activity in the learning process increased from cycle i to cycle ii. the conclusion of this classroom action research was able to improve the mathematic learning result of the students of class v sdn 033 tarakan. keywords: mathematic learning result, cooperative learning model of type teams games tournament (tgt)