UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Pada Siswa Kelas IV-B SDN 015 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Pada Siswa Kelas IV-B SDN 015 Tarakan

Pengarang : Umi Rahma Dewi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pkn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectual, repetition (air) pada siswa kelas iv-b sdn 015 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 015 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2015/2016. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-b sdn 015 tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 10 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan kerjasama), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectual, repetition (air) dapat meningkatkan hasil belajar pkn materi globalisasi pada siswa kelas iv-b sdn 015 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 75% pada siklus ii meningkat menjadi 92%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 75% pada siklus ii meningkat menjadi 96%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 87% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, pkn, model pembelajaran kooperatif, auditory, intellectual, repetition (air)

Abstrak Indonesia

The objective of this study is to improve students’ learning achievement of pkn especially for globalization materials by implementing cooperative learning model type auditory, intellectual, repetition (air) at the iv-b class in sdn 015 tarakan. the research design of this study is classroom action research (car) that is done in sdn 015 tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. the subjects of this research are students of iv-b class in sdn 015 tarakan which consists of 14 male and 10 female students. the research is conducted in two cycles. each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. the data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment (groups’ presentation). the results of this research show that by implementing cooperative learning model type of auditory, intellectual, repetition (air) can improve students’ learning achievement of pkn especially for globalization material at the iv-b class in sdn 015 tarakan. it can be seen by the students’ learning achievement in each cycle, in cycle i, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 75%, and having an improvement in cycle ii, that is 92%. in addition, in cycle i, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 75%, and having an improvement in cycle ii, that is 96%. next, in cycle i, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 87%, and having an improvement in cycle ii, that is 100%. therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. keywords: pkn, cooperative learning model, auditory, intellectual, repetition (air)