UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 006 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 006 Tarakan

Pengarang : Tria Julita Kurniawati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ipa siswa. penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2016 di kelas iv sdn 006 tarakan. desain penelitian ini adalah posttest only control design dengan populasi siswa kelas iv dan sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas iv a sebagai kelas eksperimen dan kelas iv b sebagai kelas kontrol. teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji independent sample t-test. hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar ipa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples lebih besar daripada motivasi belajar dan hasil belajar kelas kontrol yang diajar menggunakan model konvensional. hasil uji independent sample t test terhadap pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan model konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa diperoleh thitung 2,892 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 55 diperoleh 1,6730 berarti thitung > ttabel dan untuk hasil belajar ipa siswa diperoleh thitung 2,893 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 55 diperoleh 1,6730 berarti thitung > ttabel. dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ipa siswa. kata kunci: examples non examples, motivasi belajar, hasil belajar ipa

Abstrak Indonesia

This type of research was quasi-experimental research that aims to determine the influence of cooperative learning model examples non examples learning towards motivation and learning outcomes natural science students. this research was conducted in july 2016 in class iv sdn 006 tarakan. this study design is posttest only control design by class iv student population and sample consisted of two classes of fourth grade as an experimental class a and class iv b as the control class. mechanical sampling using simple random sampling. analysis of the data used to analyze the research data is descriptive statistics and test independent sample t-test. the results showed that the learning motivation and learning outcomes of natural science experiment class is taught using cooperative learning model type examples non examples larger than learning motivation and learning outcomes control classes taught using conventional models. the test results independent sample t-test towards influence of cooperative learning model type examples non examples with conventional models in terms of student motivation obtained tcount 2.892 at a significance level of 0.05 and df = 55 obtained 1.6730 obtained tcount > ttable and for learning outcomes natural science student obtained tcount 2.893 at a significance level of 0.05 and df = 55 obtained 1.6730 means tcount > ttable. thus, the use of cooperative learning model type examples non examples have a significant influence towards motivation to learn and learning outcomes of natural science students. keywords: cooperative learning type examples non examples, learning motivation, learning outcomes natural sciences