UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Permainan Edukatif Science Millionaire Berbasis Hypertext Preprocessor Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa Kelas XI

Pengembangan Media Permainan Edukatif Science Millionaire Berbasis Hypertext Preprocessor Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa Kelas XI

Pengarang : Sari Handayani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media permainan science millionaire berbasis hypertext preprocessor, menghasilkan media permainan yang berkualitas dari segi kelayakan menurut penilaian para ahli dan mengetahui tanggapan guru biologi dan siswa terhadap media permainan edukatif science millionaire penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and devolpment). prosedur pengembangan ini menggunakan model addie (analysis, design, devolpment, implementasi, dan evaluation). penelitian ini dibatasi sampai tahap implementation. penilaian produk dilakukan oleh 3 pakar ahli, yaitu ahli media dan ahli materi, serta praktisi. uji coba lapangan dilakukan disekolah smk negeri 3 tarakan dengan menggunakan siswa kelas xi tphpi sebanyak 29 siswa. hasil validasi diperoleh dari ahli media sebesar 81,66%. dengan kategori (layak), ahli materi sebesar 91,11% dengan kategori (sangat layak), ahli praktisi (guru biologi) sebesar 83,33% dengan kategori (sangat layak). hasil rata-rata media presentase sebesar 85,86% (sangat layak) dan hasil respon siswa pada uji coba lapangan sebesar 81,21% sangat menarik. sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan science millionaire berbasis hypertext preprocessor berbentuk sofe file yang dikembangkan layak digunakan.

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the media used. hypertext preprocessor based millionaire, produces a medium that is used from a variety of functions and understanding of teachers and student to educational media game science millionaire this research is a research and development (research and development). development of this procedure using the addie model (analysis, design, devolpment, implementation, and evaluation). this research is at the time of developments implementation. the product assessment is done by 3 experts, namely media experts and material experts, as well as practitioners. field trials were conducted at smk negeri 3 tarakan by using students of class xi tphpi as many as 29 students. validation results obtained from the media expert of 81,66%. with the category (very eligible), the material category of 91,11% with the category (very worth). the average media percentage of 85,86% (very feasible) and the results of the students’ responses on field trials of 81,21% are very interesting. quite enough it can be denied that the media is used.