UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting Pada Siswa Kelas IV-D SDN Utama 2 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting Pada Siswa Kelas IV-D SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Nugraha Ardi Syahputra

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi mengenal sifat-sifat bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting pada siswa kelas iv-d sdn utama 2 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn utama 2 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2015/2016. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-d sdn utama 2 tarakan yang berjumlah 34 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 19 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (teliti, kerjasama, dan tanggung jawab), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok, melaksanakan petunjuk kerja dengan benar, dan dapat membandingkan bangun ruang). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi mengenal sifat-sifat bangun ruang siswa kelas iv-d sdn utama 2 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 59% pada siklus ii meningkat menjadi 79%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 65% pada siklus ii meningkat menjadi 82%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 65% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, matematika, model pembelajaran kooperatif, probing prompting

Abstrak Indonesia

The research objective was to improve mathmatics achievement in knowing the charactenstics of structure coloumn by applied probing-prompting cooperative type learning model at iv-d grade students of sdn utama 2 tarakan. this research was using classroom action research method that conducted at sdn utama 2 tarakan at second semester in academic year 2015/2016. research subject was iv-d grade students of sdn utama 2 tarakan. that aggregated of 34 students which 19 male students and 15 female students. this research was conducted in two cycle. that each cycle consist of two meetings. cycle procedure consist of planning, action, obsevation, add reflection. the data was took by students observation sheet, teacher observation sheet, cognitive aspect (the students learning result), afective aspect (careful, cooperation and responsibility), and psychomotoric aspech (group presentasion, implementing the instruction correctly, and can ccompare structure coloumn). the result of this research shown that by applying probing-prompting cooperative type model, can improved mathmatics achievement in knowing characteristic of structure coloumn at iv-d students of sdn utama 2 tarakan. it can be seen by the result of each cycle, in the first cycle, the students got 59% on cognitive aspect, at second cycle was improved become 79%. at the first cycle the students got 65% on afective aspect. at second cycle was improved become 82%. and then at the first cycle the students got 65% on psychomotoric aspect. at second cycle was improvved become 100% can be said that this research was succes and aperopnate with the succes indicator. keywords: learning achievement, mathematics model probing-prompting technique of cooperative learning