
Pengaruh Model Inkuiri Menggunakan Metode Socrates Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Sabri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan model inkuiri menggunakan metode socrates terhadap hasil belajar ipa dan kemampuan berpikir kritis siswa di smp negeri 10 tarakan. jenis penelitian ini berupa penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) menggunakan desain nonquivalent control group design. populasi penelitian ini adalah seluruh kelas vii smp negeri 10 tarakan dengan melibatkan dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian yaitu kelas vii-1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model inkuiri menggunakan metode socrates dan vii-2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri menggunakan metode socrates. keseluruhan data diperoleh berupa skor yang dianalisis dengan statistik deskriptif, uji anakova untuk menelaah seluruh data yang tersedia dari hasil tes kognitif dan tes kemampuan berpikir kritis. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model inkuiri menggunakan metode socrates dan siswa yang belajar dengan pendekatan saintifik. dengan demikian bahwa terdapat pengaruh model inkuiri menggunakan metode socrates terhadap hasil belajar ipa dan kemampuan berpikir kritis siswa di smp negeri 10 tarakan.
Abstrak Indonesia
This study aims to analyze differences in inquiry models using the method socratic of science learning outcomes and students' critical thinking skills in tarakan middle school 10. this type of research is a (quasi-experimental research) using nonquivalent control group design design. the population of this study were all class vii tarakan state junior high school 10 involving two classes to be used as research samples, namely class vii-1 as an experimental class which was taught by inquiry model using the methods socrates and vii-2as a control class which was learned using a scientific approach. data collection techniques were carried out using test instruments to measure learning outcomes and critical thinking skills before and after being given the treatment of inquiry learning models using the method socrates. the entire data was obtained in the form of scores analyzed by descriptive statistics, anakova test to examine all available data from cognitive test results and tests of critical thinking skills. based on the results of the study it can be concluded that there are differences in learning outcomes and critical thinking skills between students who study with the inquiry model using the method socrates and students who study with the scientific approach. thus, there is an influence of the inquiry model using the method socrates on the learning outcomes of science and the ability to think critically of students in tarakan middle school 10.