UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas V-A SDN 005 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas V-A SDN 005 Tarakan

Pengarang : M. Zulkarnaen T.

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips materi proklamasi dan mempertahankan kemerdekaan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tsts pada siswa kelas v-a sdn 005 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 005 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2015/2016. subjek penelitian adalah siswa kelas v-a sdn 005 tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tsts dapat meningkatkan hasil belajar ips materi proklamasi dan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas v-a sdn 005 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 62% pada siklus ii meningkat menjadi 87%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 63% pada siklus ii meningkat menjadi 88%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 54% pada siklus ii meningkat menjadi 80%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe tsts, siswa

Abstrak Indonesia

The purpose of this study is to improve learning outcomes ips material and maintain the independence proclamation by implementing cooperative learning model tsts in class v-a sdn 005 tarakan. this type of research is action research (ptk) held at sdn 005 tarakan in the second semester of the 2015/2016 academic year. the subjects were students of class v sdn 005-a tarakan amounting to 24 students with male students and female students amounted to 11 amounted to 13 students. this study was conducted in two cycles each cycle consisting of 2 meetings. the procedure each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. the data obtained in this study include observation sheet student activities, teacher observation sheet activities, assessment of cognitive aspects (achievement test), affective (teamwork, discipline and courteous), and psychomotor aspects. the results showed that by applying cooperative learning model tsts can improve learning outcomes ips material and maintain the independence proclamation of fifth grade students of sdn 005-a tarakan. it can be seen from the results obtained in each cycle, the first cycle completeness cognitive aspects of student learning outcomes 62% on the second cycle increased to 87%. in the first cycle completeness affective aspects of student learning outcomes 63% on the second cycle increased to 88%. then on the first cycle completeness psychomotor aspects of student learning outcomes 54% on the second cycle increased to 80%. it can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. keywords: results of learning, cooperative learning model tsts, students