UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas III-B SDN 013 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas III-B SDN 013 Tarakan

Pengarang : Lina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) di kelas iii-b sdn 013 tarakan pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (ptk) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. objek penelitian adalah siswa kelas iii-b sdn 013 tarakan yang berjumlah 24 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk uraian, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 28% dari kriteria ketuntasan minimum (65). setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan siklus ii pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 54% menjadi 79%. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament

Abstrak Indonesia

The aim of this research is to improve mathematics learning outcome using cooperative learning model of team games tournament type in iii-b class of sdn 013 tarakan on circumference and area of the square and rectangular material. the type of this research is classroom action research (car) which was held in 2 cycles, where each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. the object of this research is students in iii-b class of sdn 013 tarakan with the total number of 24 students. data found using student’s learning outcome test in description, teacher’s activity observation form, and students’ activity observation form. the result of this research shows that there is an increase in student’s learning outcome. it can be seen from the result found in each cycle before given the treatment where there are 28% of students passed the minimum passing criteria (65). after treatment was given in cycle i and ii, the student’s learning outcome increased significantly from 54% to 79%. keywords: learning achievement, tgt type of cooperative learning model