
Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Kerangka Tandur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN 048 Tarakan
Pengarang : Lilian Miftachur Royani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi pancaindra menggunakan model quantum teaching dalam kerangka tandur di kelas iv sdn 048 tarakan. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 048 tarakan pada semester i tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 048 tarakan yang berjumlah 27 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswi. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek afektif (sikap), penilaian aspek psikomotorik (keterampilan) dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar ipa materi pancaindra di kelas iv sdn 048 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 31,25% dan setelah diberikan tindakan pada siklus i ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 48,15% pada siklus ii meningkat menjadi 92,60%. kemudian hasil belajar psikomotorik siklus i 48,15%, pada siklus ii meningkat menjadi 88,89%. kemudian hasil belajar afektif siklus i 51,85%, pada siklus ii meningkat menjadi 92,59%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: ilmu pengetahuan alam, hasil belajar, model quantum teaching dalam kerangka tandur
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to improve learning outcomes material science the five senses use quantum teaching model in tandur design in class iv sdn 048 tarakan. this type of research used by the research is the classroom action research (car) held in sdn 048 tarakan in second semester i of the year 2015/2016, the research subjects were students of class iv sdn 048 tarakan totaling 27 students consist of 14 male students and 13 female students. this study was conducted in two cycles each cycle consisting of 3 meetings. the procedure of each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. data obtained in this research include teacher observation sheet activities, observation of student activity sheets, assessment cognitive aspect which consists of 10 multiple choice questions and 5 essay of stuffing. the results showed that by applying the quantum teaching model in tandur design can increase learning outcomes ipa the five senses material in class iv sdn 048 tarakan. it can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action is mastery learning students' cognitive 31,25% and after being given the action in the first cycle completeness cognitive learning outcomes of students to 48,15% on the second cycle increased to 92,60%. then the learning outcomes of students psychomotor aspects of the first cycle of 48,15% on the second cycle increased to 88,89%. completeness affective aspects of students' learning outcomes first cycle of 51,85% on the second cycle increased to 92,59%. it can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. keywords: natural sciences, learning achievement, quantum teaching model in tandur design