
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas IV-B Di SDN 005 Bunyu
Pengarang : Ifan Yullio Erlino
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas iv-b di sdn 005 bunyu. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 005 bunyu pada semester ii tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas iv-b di sdn 005 bunyu yang berjumlah 27 siswa dengan siswa laki-laki 10 siswa dan perempuan berjumlah 17 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (keterampilan). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ctl dapat meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas iv-b sdn 005 bunyu. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 36% dan setelah diberikan tindakan pada siklus i ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 48% pada siklus ii meningkat menjadi 81,5%. ketuntasan hasil belajar afektif 63%, pada siklus ii meningkat menjadi 81,5%. kemudian ketuntasan hasil belajar psikomotorik 67%, pada siklus ii meningkat menjadi 92,5%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: contextual teaching and learning, hasil belajar
Abstrak Indonesia
The aim of this research is to increase the results of learning mathematics using contextual teaching and learning model to grade iv-b learners at sdn 005 bunyu. this is a classroom action research which was conducted during the second semester of 2015/2016. the subjects grade iv-b were 27 learners of sdn 005 bunyu, 10 males and 17 females. this research was conducted in two cycles, each cycles consists of two meeting. each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. the research instrument consisted of observation sheets of learners’ activities, observation sheets of theacher’s activities, assesment sheets of learners’ affectivec aspect, tests on cognitive aspect, assesment sheets of learners’ affective and psychomotor aspects. the research finding showed that there was an increase in learners’ learning achievements. this can be seen from learning results of each cycle. before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 36%. for the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 48% at the first cycle and 81,5% at the second one. for the affective aspect, the level reached 63% at the first cycle and 81,5% at the second one. for the psychomotor aspect, the level was 67% at the first cycle and reached 92,5% at the second one. this results indicated that the treatment was succesful. keywords: contextual teaching and learning, learning outcomes