
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV-A SDN 001 Tarakan
Pengarang : Faizah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pkn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada siswa kelas iv-a sdn 001 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 001 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2015/2016. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-a sdn 001 tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan kerja sama), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil belajar pkn materi globalisasi siswa kelas iv-a sdn 001 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 80% pada siklus ii meningkat menjadi 90%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 80% pada siklus ii meningkat menjadi 97%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 80% pada siklus ii meningkat menjadi 97%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe stad
Abstrak Indonesia
The objective of this study is to improve students’ achievement in learning civic especially for globalization material by implementing cooperative learning type of stad at the iv-a class in sdn 001 tarakan. the research design of this study is classroom action research (car) that is done in sdn 001 tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. the subjects of this research are students of iv-a class in sdn 001 tarakan which consists of 14 male and 16 female students. the research is conducted in two cycles. each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. the data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (curiosity, responsible, coeration) and psychomotor assessment (groups’ presentation). the result of this research shows that by implementing cooperative learning type of stad can improve students’ achievement in learning civic especially for globalization material at the iv-a class in sdn 001 tarakan. it can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle i, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 80%, and having an improvement in cycle ii, that is 90%. in addition, in cycle i, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 80%, and having an improvement in cycle ii, that is 97%. next, in cycle i, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 80%, and having an improvement in cycle ii, that is 97%. therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. keywords: learning achievement, model of cooperative learning type stad