
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dipadu Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDS Yaditra
Pengarang : Anggi Putri Pradini
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dipadu strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar ipa kelas iv sds yaditra. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 mei – 17 juni 2016 di sds yaditra tarakan. jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas iv di sds yaditra yang berjumlah 64 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi itu. pada kelas eksperimen (iv a) terdapat 22 siswa dan pada kelas kontrol (iv b) terdapat 21 siswa. analisis data yang digunakan menggunakan bantuan software spss 22 for windows. hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung 2,492 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 41 diperoleh nilai ttabel 1,684 berarti thitung>ttabel. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dipadu strategi pembelajaran crossword puzzle memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan (konvensional), dengan kata lain ho ditolak dan ha diterima. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt), strategi pembelajaran crossword puzzle
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to understand the significant effect for the use of model cooperatif teams games tournament type combine with studied strategy crosswords puzzle on learning result in science class grade iv sds yaditra. this research was held on 17 may until 17 june 2016 in sds yaditra. the type of this research is quantitatif with quasy experiment research design. the population of this research were students in class iv sds yaditra with total of 64 students. the technic that use to take the sample is simple random sampling, randomly taking sample without regardless of strata from population. in experiment class iv a there was total of 22 students and in control class iv b there was total of 21 students. analyst data that used, use the helped from software spss 22 for windows. result from independent sample t-test obtain value thitung 2,402 in significant level a=0,05 and dk=41 obtain value ttabel 1,684 mean thitung>ttabel. so,it can be conclude that students from experiment class that use the model cooperatif teams games tournament combine with crosswords puzzle have better education result rather than the students in control class that didn't use the method. in other words ho reject and ha accepted. keywords: studied result, model cooperatif teams games tournament type, studied strategy crosswords puzzle