UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV-A SDN 030 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV-A SDN 030 Tarakan

Pengarang : Zainah Halwanie

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips materi ketampakan alam dan keragaman sosial budaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas iv-a sdn 030 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 030 tarakan pada semester i tahun ajaran 2017/2018. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-a sdn 030 tarakan yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penelitian aspek kognitif, aspek pisikomotorik, dan aspek afektif. hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar ips materi ketampakan alam dan keragaman sosial budaya siswa kelas iv-a sdn 030 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 57% pada siklus ii meningkat menjadi 89%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 75% pada siklus ii meningkat menjadi 89%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 71% pada siklus ii meningkat menjadi 86%. maka dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: ptk, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to improve students’ learning result in student social science on the materials about the appearance of nature and cultural and social diversity. this research used the model of cooperative learning typed mind mapping to grade student at class iv-a of sdn 030 tarakan. the research design used by the researcher was classroom action research (car) conducted in sdn 030 tarakan in semester i academic year 2017/2018. the subject of this research was the students at class iv-a of sdn 030 tarakan. the number of the students in this class was 28 students of 12 males and 16 females. this research was conducted in two cycles. each cycle consists of two meetings. the procedure of each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. the data of this research was taken by using teacher’s observation sheet, cognitive assessment, phsycomotoric assessment and affective assessment. the result of this research proved that by using the model of cooperative learning typed mind mapping could improve students’ learning result in student social science about the appearance of nature and cultural and social diversity at class iv-a of sdn 030 tarakan. it could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. whereas, after applying the model of learning in cycle i, students’ percentage of success in cognitive aspect was 57% and improved to 89% in cycle ii. in cycle i students’ learning result in affective aspect was 75% and improved to 89% in cycle ii. then, in cycle i students’ learning result in phsycomotoric aspect was 71% meanwhile in cycle ii it was improved to 86%. therefore it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success. keywords: ptk, learning outcomes, cooperative learning model type mind mapping