UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III-A SDN 013 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III-A SDN 013 Tarakan

Pengarang : Teguh Cahyono

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial materi uang dan kegunaannya dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas iii-a sdn 013 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di sdn 013 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iii-a sdn 013 tarakan yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 19 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial materi uang dan kegunaannya siswa kelas iii-a sdn 013 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 42% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 85% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 78% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial, model pembelajaran inkuiri

Abstrak Indonesia

The objective of the study was to improve the students social science learning outcome materi money and usefulness by model study inquiry students class iii-a at sdn 013 tarakan. the research design of this research was class action research that was conducted in sdn 013 tarakan on semester ii in the academic year of 2016/2017. the subject of this research was the students class iii-a at sdn 013 tarakan with the number of 28 students which was 19 male students and 9 female students. this research was conducted in 2 cycle and each cycle consisted of 2 meetings. the procedure of each cycle consisted of planning, acting, observing, and reflecting. the data was obtained in this research which was included of observation sheet of teachers activity, the assessment of cognitive aspect, affective aspect, and psychomotoric aspect. the result of this research showed that by implementing model study inquiry can improve result learn social science materi money and usefulness students class iii-a at sdn 013 tarakan. this matter can be seen from obtained result in each cycle, at cycle of i complete of result learn cognate aspect student 42% at cycle of ii mount to become 100%. at cycle of i complete of result learn aspect student of affective 85% at cycle of ii mount to become 100%. then at cycle of i complete of result learn aspect student of psychomotoric 78% at cycle of ii mount to become 100%. then can be said that by research have succeeded and as according to efficacy indicator. keywords: learning achievement, social science, model study of inquiry