UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Flash Dengan Metode Inkuiri Terencana Pada Siswa Kelas III SDN 043 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Flash Dengan Metode Inkuiri Terencana Pada Siswa Kelas III SDN 043 Tarakan

Pengarang : Taufan Adiyanto

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran animasi flash dengan metode inkuiri terencana dan mendeskripsikan respon siswa kelas iii sdn 043 tarakan terhadap media pembelajaran animasi flash dengan metode inkuiri terencana. penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. dalam penelitian ini dilakukan tiga kali uji coba dengan uji coba terbatas 3 siswa, uji coba lapangan utama 6 siswa dan uji coba lapangan operasional 30 siswa. instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket respon siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan media pembelajaran animasi yang diperoleh termasuk dalam kategori layak, terbukti dengan persentase kelayakan diperoleh dari ahli media yaitu sebesar 72% yang berarti termasuk dalam kategori layak dan ahli materi yaitu sebesar 70% yang berarti termasuk dalam kategori layak dan respon siswa terhadap media pembelajaran animasi yang peneliti kembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket respon siswa pada tahap uji coba terbatas yang mencapai persentase 84% dan termasuk dalam kategori sangat baik kemudian hasil angket respon siswa pada tahap uji coba lapangan utama yang mencapai persentase 91% yaitu respon siswa termasuk dalam kategori sangat baik dan di uji coba selanjutnya yaitu uji coba lapangan operasional didapatkan hasil angket respon siswa yang mencapai 88% dengan kategori sangat baik dan siap di gunakan tanpa harus revisi maupun uji coba.

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to produce flash animation learning media with inquiry method and describe the response of students of class iii sdn 043 tarakan to flash animation learning media with planned inquiry method. this research uses the type of research and development. in this study, three trials were conducted with a limited trial of 3 students, field 6 field trials and field trials of 30 students. this research and development instrument uses a media expert's validation questionnaire, questionnaire material validation questionnaire and student response questionnaire. the results showed that the feasibility of learning media animation obtained in the category worthy, proved by the percentage of feasibility obtained from media experts that is equal to 72% which means included in the category of feasible and material experts that is equal to 70% which means included in the category of feasible and student responses to animated learning media that researchers develop included in the category very well. this is evidenced by the results of questionnaire responses of students in the stage of a limited trial that reached the percentage of 84% and included in the category very well then the results of the questionnaire responses students in the main field trial stage reached 91% percent of student responses included in the category very good and the next test is an operational field trials obtained a questionnaire of student responses reached 88% with very good category and ready to use without having revision or trial.