
Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Pada Materi Plantae Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan
Pengarang : Ratih Nilasari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan instrumen tes yang berkualitas dan layak digunakan sebagai alat evaluasi pada materi plantae kelas x sma di sma muhammdiyah tarakan. penelitian ini menggunakan model tessmer (1993) desain formative evaluation yang dimulai dari tahap self evaluation, expert reviews, one to one, small group dan field test. analisis instrumen tes menggunakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 butir soal berupa soal uraian. instrumen yang dikembangkan kemudian diuji untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. selanjutnya dilakukan uji lapangan pada kelas x yaitu kelas x-1 dan x-5 dengan jumlah 77 responden. hasil pengujian menunjukkan bahwa soal dalam kategori sangat layak berdasarkan penilaian tim ahli dengan nilai 82%. analisis tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa soal dalam kategori sedang dengan nilai 68% dan daya beda soal dengan nilai 19% yang dikategorikan cukup.
Abstrak Indonesia
This research is aimed to know the quality of test instrument for evaluation on plantae topic for tenth grade for students at sma muhammadiyah tarakan. this research uses tessmer model (1993) for formative evaluation starting from self evaluation, expert reviews, one to one, small group and field test. the instrument analysis test used validity test, reliability, difficulty level and item discrimination. the result shows that there are 15 essay questions. the instruments are then tested using validity, reliability, discrimination and difficulty. then, field study is conducted in class x which are class x-1 and x-5 that consists of 77 respondents. the test result shows that the instrument is categorized as very feasible based on the assessment team of experts with a value of 82%. instrument analysis on item difficulty shows that the instrument is categorized as moderate with score 68% and item discrimination analysis shows that the instrument is categorized as sufficient with score 19%.