UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VC SDN 043 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VC SDN 043 Tarakan

Pengarang : Suci Wiji Astuti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pkn materi peraturan perundang-undangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tsts pada siswa kelas vc sdn 043 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 043 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas vc sdn 043 tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan tanggung jawab), dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tsts dapat meningkatkan hasil belajar pkn materi peraturan perundang-undangan siswa kelas vc sdn 043 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 77% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 53% pada siklus ii meningkat menjadi 97%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 70% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe tsts, siswa

Abstrak Indonesia

The objective of this study is to improve students’ achievement in learning civic especially for legislation material by implementing cooperative learning type of tsts at the vc class in sdn 043 tarakan. the research design of this study is classroom action research (car) that is done in sdn 043 tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. the subjects of this research are students of vc class in sdn 043 tarakan which consists of 16 male and 14 female students. the research is conducted in two cycles. each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. the data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. the result of this research shows that by implementing cooperative learning type of tsts can improve students’ achievement in learning civic especially for globalization material at the vc class in sdn 043 tarakan. it can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle i, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 77%, and having an improvement in cycle ii, that is 100%. in addition, in cycle i, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 53%, and having an improvement in cycle ii, that is 97%. next, in cycle i, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 70%, and having an improvement in cycle ii, that is 100%. therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. keywords: learning achievement, model of cooperative learning type tsts, student