
Penerapan Standar Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Daerah Pesisir SDN 048 Tarakan
Pengarang : Stevie Fandy Rottie
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Fokus pada penelitian ini adalah penerapan standar pengelolaan sarana dan prasarana, hambatan dan pendukung dalam penerapan standar pengelolaan sarana dan prasarana di daerah pesisir sdn 048 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 048 tarakan pada tahun ajaran 2015/2016. sumber pada penelitian adalah data primer dan data skunder. informan pada penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas vi, guru kelas iii, bendahara barang, staff tu, komite sekolah, kasi sarana dan prasarana dinas pendidikan kota tarakan dan pengawas sekolah. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus pertama yaitu pada penerapan standar pengelolaan sarana dan prasarana di sdn 048 tarakan meliputi enam tahapan. pertama yaitu perencanaan barang yang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru yang dituliskan kedalam rencaan kerja anggaran sekolah (rkas). kedua adalah proses pengadaan barang yang sebagian besar dilakukan dilakukan dengan cara membeli langsung. ketiga adalah pendistribusian langsung ke bagian-bagian yang membutuhkan. keempat adalah penggunaan dan pemeliharaan dimana penggunaan sarana dan prasarana didasari dengan pedoman dan aturan yang ada. pemeliharaan perlengkapan meliputi kegiatan yang dilakukan secara berkala, mengecek dan memperbaiki perlengkapan. kelima adalah inventaris yang dilakukan dengan pencatatan dan pemberian kode. keenam adalah penghapusan, sdn 048 tarakan belum pernah melakukan penghapusan sarana yang dimiliki sekolah. fokus kedua yaitu hambatan dan pendukung dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana. hambatan dalam penerapan standar pengelolaan sarana dan prasarana di sdn 048 tarakan berkaitan dengan minimnya anggaran, kurangnya alat peraga, media-media pembelajaran. pendukung dalam penerapan sarana dan prasarana pdi sdn 048 tarakan berkaitan dengan ketersedian anggaran, pengadaan gudang, pemberian aplikasi dari dp2k kerjasama warga sekolah serta adanya persetujuan yang cepat dari dk2p untuk penghapusan. kata kunci: penerapan standar pengelolaan sarana dan prasarana, daerah pesisir sdn 048 tarakan
Abstrak Indonesia
The focus of this research is the implementation of the standard of facilities and infrastructure management, obstacles and support in the implementation of the standard of facilities and infrastructure management, and the influence of the application of standard of facilities and in coastal area sdn 048 tarakan. the type of research used is descriptive qualitative research conducted at sdn 048 tarakan in the academic year 2015/2016. sources of research are primary and secondary data. informants in the research are principal, grade 6 teacher, third grade teacher, treasurer of goods, tu staf, school committee, cation facilities and infrastructure of education department of tarakan city and school supervisor. data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation. data analysis technique in this research is data reduction, data presentation, and conclusion. based on data analysis and discussion of research results at the first focus is on applying the standard of facilities and infrastructure management at sdn 048 tarakan covering six stages. the first is the planning of goods carried out at the beginning of each new school year written into the school budget work plan (rkas). second is the process of procurement of goods mostly done by buying directly. the third is direct distribution to the parts that need it. fourth is the use and maintenance where the use of facilities and infrastructure is based on existing guidelines and rules. maintenance of equipment includes activities carried out on a regular basis, checking and repairing equipment. fifth is inventory done by recording and coding. sixth is the abolition, sdn 048 tarakan has never done the removal of facilities owned by the school. the second focus is the obstacles and supporters in the application of facilities and infrastructure management. obstacles in applying the standard of facilities and infrastructure management at sdn 048 tarakan related to the lack of budget, lack of props, learning media. supporters in the application of facilities and infrastructure in sdn 048 tarakan relates to the availability of budget, procurement of warehouses, application of dp2k cooperation of the citizens of the school and the rapid approval of dk2p for removal. keywords: implementation of standard of facilities and infrastructure management, coastal area sdn 048 tarakan