UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V-A SDN 007 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V-A SDN 007 Tarakan

Pengarang : Sarinah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) pada siswa kelas v a sdn 007 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 007 tarakan pada semester 2 tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas v-a sdn 007 tarakan yang berjumlah 25 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (tanggung jawab, mematuhi aturan dan displin), dan aspek psikomotorik (menyiapkan diri dan menguasai materi). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan ilmu pengetahuan sosial (ips) materi persiapan kemerdekaan indonesia siswa kelas v-a sdn 007 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 64% pada siklus ii meningkat menjadi 88%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 68% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 60% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, pendidikan ips, model pembelajaran kooperatif, teams games tournament

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve the learning outcomes of social science by implementing cooperative learning type teams games tournament at class v-a of sdn 007. the research design use by the researcher was classroom action research (car) conduse in sdn 007 tarakan in semester ii academic year 2016/2017. the subject of this research was student at class v-a of sdn 007 tarakan. the sample of the research was male student’s amounted 13 students and female students amounted 12 student. this research was conducted in two cycles. each cycle consist of three meetings. the procedure of each cycle consist of planning, acting, observing, and reflecting. the data of this research was taken by using teacher observation sheet, cognitive assessment, affective assessment and phsycomotoric assessment. the result of the research proved that by using the model cooperative learning type teams games tournament could improve students learning result in social science about the preparation of indonesian independence for students class v-a at sdn 007 tarakan. this matter can be seen from result of which obtained in each cyle, for cycle i complete of result learn cognate aspect student 68%, for cycle ii mount to become 88%. for cycle i complete of result teach aspect student of affective 68% for cycle ii mount to become 100%. then fot cycle i complete of result teach aspect student of psychometric 60% for cycle ii mount to become 100%. hence can be said that by research have succeeded and as according to efficacy indicator. keywords: the result of learning, social science learning, model study cooperative type teams games tournament