UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Eksperimen Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 031 Tarakan

Penerapan Metode Eksperimen Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 031 Tarakan

Pengarang : Roni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi energi dan penggunaannya dengan menerapkan metode eksperimen berbantuan media audio visual pada siswa kelas iv sdn 031 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 031 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 031 tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 15 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama, disiplin, dan percaya diri), dan aspek psikomotorik (individu). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar ipa materi energi dan penggunaannya siswa kelas iv sdn 031 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 57% pada siklus ii meningkat menjadi 93%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 50% pada siklus ii meningkat menjadi 90%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 47% pada siklus ii meningkat menjadi 87%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, metode eksperimen

Abstrak Indonesia

The objective of this study is to improve students’ achievement in learning ipa especially for energy and it’s use material by methode experiment assisted media audio visual at the iv class in sdn 031 tarakan. the research design of this study is classroom action research (car) that is done in sdn 031 tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. the subjects of this research are students of iv class in sdn 031 tarakan which consists of 15 male and 15 female students. the research is conducted in two cycles. each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. the data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (cooperation, dicipline, confident) and psychomotor assessment (individual). the result of this research shows that by implementing method experiment assisted media audio visual can improve students’ achievement in learning ipa especially for energy and it’s use material at the iv class in sdn 031 tarakan. it can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle i, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 57%, and having an improvement in cycle ii, that is 93%. in addition, in cycle i, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 50%, and having an improvement in cycle ii, that is 90%. next, in cycle i, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 47%, and having an improvement in cycle ii, that is 87%. therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. keywords: learning achievement, method experiment