
Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Energi Panas Dan Bunyi Untuk Siswa Kelas IV SDN 051 Tarakan
Pengarang : Rizka Ramadhoni
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum ipa berbasis inkuiri terbimbing pada materi energi panas dan bunyi yang berkualitas dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. proses pengembangan ini dilakukan melalui penelitian dan pengembangan (research and development) dari model borg & gall yang dibatasi sampai pada tahap ke sembilan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) menggumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk akhir. pada aspek kelayakan dari hasil validasi ahli materi sebesar 86,25% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa sebesar 90% dengan kategori sangat valid, dan ahli desain sebesar 86,36% dengan kategori sangat valid. pada aspek kepraktisan, angket respon guru dan observasi keterpakaian produk sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. pada aspek keefektifan, respon siswa uji coba produk sebesar 94% dengan kategori sangat efektif, dan angket keefektifan respon siswa uji coba pemakaian sebesar 93% dengan sangat kategori efektif. berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan petunjuk praktikum yang dikembangkan berkualitas. kata kunci: penelitian dan pengembangan, inkuiri terbimbing, petunjuk praktikum ipa
Abstrak Indonesia
The study aims to produce guided inukuiri based ipa instruction manuals on heat energy materials and sound quality from aspects of feasibility, practicality and effectiveness. the development process is carried out through research and development from borg & gall model which is limited to the ninth stage, namely: 1) potentials and problems, 2) information gathering, 3) product design, 4) design validation, 5 ) design improvements, 6) product testing, 7) product revisions, 8) trial usage, 9) revision of the final product. on the feasibility aspect of the material expert validation result of 86.25% with the category is very valid, the linguist is 90% with the category is very valid, and the design expert is 86.36% with very valid category. in the aspect of practicality, teacher response questionnaire and product disposal observation of 95% with very practical category. in the effectiveness aspect, students 'product test responses were 94% with very effective category, and questionnaire effectiveness of students' trial response test of 93% with highly effective category. based on the results, it can be concluded the guidance manual developed quality. keywords: research and development, guided inquiry, ipa practicum instructions