
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 006 Tarakan Pada Materi Perubahan Wujud Benda
Pengarang : Ratih Septianti Ningsih
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui atau melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sdn 006 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2017 di kelas iv sdn 006 tarakan. desain penelitian ini adalah nonquivalent control group design dengan populasi siswa kelas iv sdn 006 tarakan dengan jumlah keseluruhan 83 siswa. sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas iv c sdn 006 tarakan sebagai kelas eksperimen dan kelas iv b sdn 006 tarakan sebagai kelas kontrol. teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perubahan wujud benda. analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan spss v.21 for windows. hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar ipa siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak sama dengan hasil belajar kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ceramah dan diskusi. hasil uji independent sample t-test terhadap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar ipa siswa diperoleh thitung 3,200 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 53 diperoleh ttabel 1,6741 berarti thitung > ttabel. dengan demikian, penggunan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ipa siswa. kata kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar ipa, perubahan wujud benda
Abstrak Indonesia
The method of this research was quasi experimental. the objective of the research is to know the effect of learning inquiry model of guided to the result of learning science at fourth grade students’ at sdn 006 tarakan in the conversion shape of the object material. the research design is nonequivalent control grup design with the population is the students’ at fourt grade at sdn 006 tarakan with the total is 83 students. there were two classes as the samples of this research that is iv c sdn 006 as the experimental class and iv b as the control class. the sampling technique is using simple random sampling. the material that use in this research is conversion shape of the object material. data anlysis that used to anlyzing the research result of the data is descriptive statistic and inferential statistic with spss v.21 for windows. the result of the research showed that the study scienece result at experimental class that taught by using learning inquiry model guided is different with the result at control class that taught by using conventional method and discussion. independent sample t test test result to the effect of learning inquiry model guided with conventional learning that observed by result of the science learning students gets tcount 3.200 at the level og significanse 0.05 and df = 53 get ttable 1.6741 mean tha tcount > ttable. based on the result above, the use of learning inquiry model guided gives a significant effect to the result of the science learning students. keywords: guided inquiry, the result of science learning, conversion shape of the object