UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Kelas Di SDN 006 Tarakan

Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Kelas Di SDN 006 Tarakan

Pengarang : Rasma

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Fokus dari penelitian ini adalah deskripsi peran kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi kelas di sdn 006 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 006 tarakan pada tahun ajaran 2016/2017. sumber pada penelitian adalah data primer dan data sekunder. informan pada penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, guru kelas tinggi dan rendah. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus penelitian yaitu tentang deskripsi peran kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi kelas dapat diketahui bahwa peran kepala sekolah meliputi kegiatan yang terdiri dari kegiatan peran kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi kelas, faktor pendukung dan penghambat, dan dampak pelaksanaan supervisi terhadap kinerja guru. kata kunci: peran kepala sekolah dalam pelaksana supervisi kelas

Abstrak Indonesia

The focus of this research is the description of the principal's role in the implementation of classroom supervision at sdn 006 tarakan. the type of research used is descriptive qualitative research conducted at sdn 006 tarakan in the academic year 2016/2017. sources in the study are primary data and secondary data. informants in the study were school supervisors, principals, high and low class teachers. data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation. data analysis technique in this research is data reduction, data presentation, and conclusion. based on the data analysis and discussion of the research results on the research focus on the description of the role of the principal in the implementation of class supervision, it can be seen that the role of the principal includes activities consisting of the principal role of the principal in the implementation of class supervision, supporting and inhibiting factors, and the impact of supervision on performance of teachers. keywords: role of principal in implementing class supervision