UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 041 Tarakan

Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 041 Tarakan

Pengarang : Nur Asia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa melalui penerapan metode demonstrasi berbantuan media audio-visual di kelas iv sdn 041 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 041 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-d sdn 041 tarakan yang berjumlah 25 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn 041 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 44% dan pada siklus ii meningkat menjadi 96%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 56% dan pada siklus ii meningkat menjadi 100%. hasil belajar siswa aspek psikomotorik 64% pada siklus i dan meningkat menjadi 88% pada siklus ii. maka dapat disimpulkan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, ipa, metode demonstrasi berbantuan media audio-visual

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve science learning outcomes through the implementation of audio-visual assisted demonstration method at iv class of sdn 041 tarakan. this research was using classroom action research method that conducted at sdn 041 tarakan at second semester in academic year 2016/2017. research subject was iv-d class students of sdn 041 tarakan that consists of 25 students were 11 male and 14 female students. this research was conducted in two cycle that each cycle consist of two meetings. cycle procedure consists of planning, action, observation, and reflection. the data was took by students observation sheet, teacher observation sheet, cognitive aspect, affective aspect, and psychomotoric aspect. the result of this research shows that the implementation of audio-visual media assisted demonstration method can improve science learning at iv class of sdn 041 tarakan. it can be seen by the result of each cycle, in the first cycle that the result of students got 44% on cognitive aspect and the second cycle was improved become 96%. at the first cycle, the students got 56% on affective aspect and the second cycle was improved become 100%. the result of students achievement got 64% on psychomotoric aspect in first cycle and it was improved become 88% in second cycle. it can be concluded that this research was success and appropriate with the indicators of success. keywords: learning outcomes, science, audio-visual media assisted demonstration method