UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Terampil Berhitung Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Terbitan Erlangga

Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Terampil Berhitung Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Terbitan Erlangga

Pengarang : Nova Girana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Fokus penelitian ini adalah kelayakan isi buku teks matematika. tujuan analisis kelayakan isi buku teks terampil berhitung matematika siswa kelas iv sekolah dasar terbitan erlangga adalah untuk mengetahui mengenai kelayakan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks berdasarkan indikator kelayakan menurut bsnp. analisi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan berdasarkan wawancara awal peneliti bahwa kelengkapan materi pada buku ajar masih kurang, konsep yang menurut pandangan guru sulit untuk dipahami oleh peserta didik serta materi pendukung yang kurang. oleh karena itu diperlukannya pengkajian kembali mengenai kalayakan isi buku teks. sebagai buku teks edisi pertama dan yang paling banyak dipergunakan, sangat diperlukannya evaluasi agar menghasilkan buku teks yang lebih sesuai. metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif. jenis penelitian yang diggunakan adalah penelitian kualitatif. teknik analisis yang digunakan ialah analisis isi (content analysis). penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa kelas iv sd/mi terbitan erlangga. hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks matematika siswa kelas iv sd terbitan erlangga yang digunakan oleh siswa kelas iv sekolah dasar. dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah obeservasi dan dokumentasi. data yang diperoleh dalam penelitian ini diinterpretasikan dengan cara menganalisis berdasarkan kelayakan bsnp setelah itu memeriksa keabsahan datanya menggunakan triangulasi teori. setelah data yang dianalisis diperiksa keabsahannya barulah didapatkan kesimpulan dari hasil penelitian bahwa terdapat kekurangan pada setiap indikator dalam kelayakan isi buku. berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pada indikator kesesuaian uraian materi dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, terdapat kekurangan pada dimensi kelengkapan materi. selanjutnya pada indikator keakuratan materi, terdapat dua dimensi yang kurang terpenuhi. kedua dimensi tersebut ialah dimensi akurasi contoh, fakta, dan ilustrasi. dan yang terakhir pada indikator materi pendukung pembelajaran, dari sepuluh dimensi terdapat delapan dimensi yang kurang memenuhi indikator kelayakan isi buku teks. dari kekurangan tersebut, terdapat juga beberapa kelebihan dari buku teks terbitan erlangga.buku teks matematika terbitan erlangga ini dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, namun masih terdapat beberapa indikator yang kurang terpenuhi. selain itu, perlu diadakannya penelitian lebih lanjut untuk menganalisis buku teks matematika lain yang digunakan di sekolah dasar khususnya dikota tarakan. kata kunci: analisis, isi, buku erlangga

Abstrak Indonesia

The focus of this research is the feasibility of the content of textbook mathematics. the purpose of feasibility analysis of textbook content is to calculate the mathematics of fourth grade students of erlangga's primary school is to know about the feasibility and suitability in the preparation of textbooks based on feasibility indicators according to bsnp. this analysis is based on the problems that researchers find based on interviews that the completeness of the material in the textbook is still lacking, the concept that in the teacher's view is difficult to be understood by learners and supporting material is lacking. therefore it is necessary to re-review the content of textbook content. as the first and most widely used textbooks, it is imperative that evaluations be made to produce more appropriate textbooks. methods in this paper using a descriptive approach. the type of research used is qualitative research. the analysis technique used is content analysis. writing is done to determine the condition of textbook fourth grade students sd / mi erlangga published. this is done as an effort to improve the quality of mathematics textbook of fourth grade students of erlangga publication which is used by fourth grade students of elementary school. in this study, data collection techniques used are obeservasi and documentation. the data obtained in this study is interpreted by analyzing based on the feasibility of bsnp after it checks the validity of the data using triangulation theory. after the data analyzed checked its validity then got the conclusion from result of research that there is deficiency in every indicator in eligibility of book contents. based on the results of the analysis concluded that the conformity indicator of material description with basic competency and basic competency, there is a lack of material dimensions of completeness. furthermore, on the indicator of the accuracy of the material, there are two dimensions that are not met. the two dimensions are the accuracy dimensions of samples, facts, and illustrations. and lastly on the indicators of learning support materials, from ten dimensions there are eight dimensions that do not meet the eligibility indicators of textbook content. of these shortcomings, there are also some advantages of textbooks published erlangga.blogs textbook magazine erlangga can be used as a source of learning in mathematics in elementary school, but there are still some indicators that are not met. in addition, the need for further research to analyze other mathematics textbooks used in elementary schools, especially in the city of tarakan. keywords: analysis, content, book of erlangga