
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV-A SDN 001 Tarakan
Pengarang : Maria Ulfah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada siswa kelas iv-a sdn 001 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 001 tarakan semester ii tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-a sdn 001 tarakan yang berjumlah 30 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas iv-a sdn 001 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i aspek kognitif 80% pada siklus ii meningkat menjadi 90%. pada siklus i aspek afektif 80% pada siklus ii meningkat menjadi 97%. kemudian pada siklus i aspek psikomotorik 80% pada siklus ii meningkat menjadi 97%. penelitian ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, ips, model examples non examples
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to improve social science of student’s achievement by applied examples non examples cooperative type learning model at iv-a class of sdn 001 tarakan. this research was using classroom action research method that conducted at sdn 001 tarakan at second semester in academic year 2016/2017. research subject was iv-a class students of sdn 001 tarakan that consists of 30 students. this research was conducted in two cycle that each cycle consist of two meetings. cycle procedure consists of planning, action, observation, and reflection. the result of this research shows that the implementation of examples non examples cooperative type model can improve social science of student’s achievement at iv-a class of sdn 001 tarakan. this is seen from the results obtained in each cycle, the cognitive aspect of the cycle i 80% increased to 90% in cycle ii. the affective aspect of cycle i 80% increased to 97% in cycle ii. the psychomotor aspect of cycle i 80% increased to 97% in cycle ii. this study has been in accordance with success indicators. keywords: learning achievement, social science, model type, examples non examples