
Deskripsi Buku Teks Pegangan Siswa Kurikulum 2013 Tema Pengalamanku Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi Pada Kelas I SDN Utama 1 Tarakan
Pengarang : Kirin Esa Putri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Tujuan analisis kelayakan isi buku pegangan siswa kurikulum 2013 tema pengalamanku terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian materi, keakuratan materi, dan materi pendukung. analisis ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana materi pada buku siswa yang terbit pada tahun 2013 ada yang tidak sesuai dengan permendikbud no. 57 tahun 2014, isi materi pada buku guru dan buku siswa berbeda, dan cakupan materi pada buku siswa tidak memenuhi semua kompetensi dasar. metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di sdn utama 1 tarakan. penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa kelas i sd/mi tema pengalamanku. hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks siswa kelas i sd/mi tema pengalamanku yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas i di sdn utama 1 tarakan. hasil penelitian adalah kesesuaian materi pada buku tema pengalamanku adalah ketiga indikator yang termasuk kedalam dimensi kesesuaian materi dengan ki dan kd, ditemukan bahwa terdapat satu subtema yang memenuhi semua indikator, yaitu subtema pengalaman bersama teman. sementara subtema lainnya masih ada materi yang belum memenuhi indikator dari dimensi kesesuaian materi. dimensi keakuratan materi hanya terpenuhi pada subtema pengalaman bersama teman dan subtema pengalaman di sekolah, sementara untuk subtema pengalaman masa kecil hanya memenuhi 3 indikator, yaitu akurasi prinsip, akurasi prosedur, dan akurasi contoh, fakta, dan ilustrasi. buku tema pengalamanku hanya memenuhi 8 dari 9 indikator pada dimensi materi pendukung pada buku tema pengalamanku. kata kunci: deskriptif, kelayakan isi
Abstrak Indonesia
The purpose of feasibility analysis of the contents of the student handbook curriculum 2013 tema pengalamanku published by the ministry of education and culture is to describe the suitability of the material, the accuracy of the material, and the supporting material. this analysis is motivated by the condition in which the material in the student's book published in 2013 is not in accordance with permendikbud no. 57 of 2014, the content of the material on teachers' books and student books is different, and the scope of the material on the student's books does not meet all kompetensi dasar. the method in this research is qualitative research with descriptive approach implemented at sdn utama 1 tarakan. writing is done to determine the condition of textbooks of students of grade i sd/mi tema pengalamanku. this is done as an effort to improve the quality of textbooks of elementary school students of sd/mi tema pengalamanku used by educators and students of class i at sdn utama 1 tarakan. the result of the research is the material suitability of tema pengalamanku is the three indicators that belong to the material conformity dimension with ki and kd, it is found that there is one subtheme that meets all indicators, namely pengalaman bersama teman subtheme. while other subtema there is still material that has not met the indicator of material conformity dimension. the dimensions of material accuracy are met only on the subtheme of the pengalaman bersama teman and the subtheme of pengalaman di sekolah, while for the pengalaman masa kecil subtheme only meets three indicators, namely principal accuracy, procedural accuracy, and accuracy of examples, facts, and illustrations. book of pengalamanku only meets 8 out of 9 indicators on the material support dimension of pengalamanku book. keywords: descriptive, content qualification