
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Krayan Long Bawan
Pengarang : Henri Fendi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas iv sdn 001 krayan long bawan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. objek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 001 krayan yang berjumlah 18 siswa, data yang di peroleh dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan siswa, dan lembar pengamatan guru. hasil penelitian ini menunjukan bahwa menjadi peningkatan hasil belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal 39% dari kriteria ketuntasan minimum 70. setelah dilakukan tindakan pada siklus i mencapai 61% pada siklus ii meningkat menjadi 72%. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match
Abstrak Indonesia
This study aims to improve the learning outcomes of ips by using cooperative learning model type make a match in grade iv students sdn 001 krayan long bawan. this type of research is a class room action research (ptk) which is carried out in 2 cycles which each cycle consists of planning, action, oppression and reflektion. the object of research is the iv grade students of sdn 001 krayan which amounted to 18 students, the data obtained with the use of test result of learning in the form of multiple choice, student observation sheet and teacher observation sheet. the result of this study indicate that the increase in student learning outcomes, can be seen from the results obtained in the cycle before the action is given 39% completion of learning completeness of the minimum 70% completeness criteria after the action in cycle i reaches 61% in cyclical ii increased to 72%. keywords: result of study, cooperative learning model make a match type