
Implementasi Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SDN 007 Tarakan
Pengarang : Fatmawaty
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Fokus dari penelitian ini adalah implementasi kompetensi pedagogik terkait dengan menguasai karakteristik peserta didik di sdn 007 tarakan dan bentuk-bentuk motivasi yang mempengaruhi kompetensi pedagogik yang terkait dengan menguasai karakteristik peserta didik di sdn 007 tarakan. jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. sumber data pada penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa implementasi kompetensi pedagogik yang terkait dengan menguasai karakteristik peserta didik di sdn 007 tarakan dilakukan dengan enam indikator yang mana dari penerapan itu telah dilakukan dengan baik hanya saja ada satu indikator yaitu memperhatikan kelemahan fisik peserta didik yang tidak terlihat sebab, tidak ditemukannya peserta didik yang memiliki kelemahan fisik. sedangkan untuk fokus kedua adalah bentuk-bentuk motivasi yang mempengaruhi kompetensi pedagogik yang terkait dengan menguasai karakteristik peserta didik di sdn 007 tarakan terbukti bahwa bentuk motivasi belajar peserta didik mempengaruhi kompetensi pedagogik yang terkait dengan menguasai karakteristik peserta didik di sdn 007 tarakan dengan bantuan guru yang memiliki pemahaman terhadap karakteristik peserta didik akan memberikan dampak positif yaitu dorongan atau motivasi belajar bagi peserta didik di sdn 007 tarakan. kata kunci: kompetensi pedagogik, motivasi belajar, peserta didik, sdn 007 tarakan
Abstrak Indonesia
The focus of this research is implementation of pedagogical competence related to mastering the characteristics of learners in sdn 007 tarakan and other forms of motivation that affect the pedagogical competence related to master the characteristics of learners in sdn 007 tarakan. the design of this reasearch was descriptive qualitative research. the sources of the data in this research are primary sources and secondary sources. technique of collecting data in this research are interview, observation, and documentation. and the technique of data validation are triangulation of source and method. based on the data analysis and discussion it can be seen that the implementation of pedagogic competence related to master the characteristics of learners in sdn 007 tarakan is done with six indicators which of the implementation has been done well there is only one indicator that is paying attention to the physical weakness of learners that are not visible cause, there is no finding of learners who have physical weakness. as for the second focus is the forms of motivation that affect the pedagogic competence related to master the characteristics of learners in sdn 007 tarakan proved that the form of learning motivation learners affect pedagogical competence related to master the characteristics of learners in sdn 007 tarakan with the help of the teacher who have understanding of the characteristics of learners will have a positive impact of encouragement of learning motivation for learners in sdn 007 tarakan. keywords: pedagogic competence, learning motivation, learner, sdn 007 tarakan