
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan
Pengarang : Eva Rosidah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sdn 050 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui atau melihat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sdn 050 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2017 di kelas iv sdn 050 tarakan. desain penelitian ini adalah nonquivalent control group design dengan populasi siswa kelas iv sdn 050 tarakan dengan jumlah keseluruhan 132 siswa. dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas iv a sebagai kelas eksperimen dan kelas iv d sebagai kelas kontrol. teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan spss v.21 for windows. hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar ipa siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) lebih besar daripada hasil belajar kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. hasil uji independent sample t-test terhadap pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar ipa siswa diperoleh thitung 3,986 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 66 diperoleh 1,6683 berarti thitung > ttabel. kata kunci: contextual teaching and learning, hasil belajar ipa
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to understand the significant effect for the use of contextual teaching and learning (ctl) approach to the learning outcomes of science grade fourth of sdn 050 tarakan. this type of research is a quasi-experimental research that aims to know or see the effect of contextual teaching and learning approach (ctl) on the results of science learning grade fourth of sdn 050 tarakan. the research was carried in may 2017 in class fourth sdn 050 tarakan. the design of this research is nonquivalent control group design with a population of grade fourth students sdn 050 tarakan with a total of 132 students. and the sample consisted of two classes namely class fourth a as experiment class and class fourth to d as control class. sampling technique using simple random sampling. data analysis used to analyze data of research result is descriptive statistic and inferential statistic with spss v.21 for windows. the results showed that the learning outcomes of science students of experimental class taught using contextual teaching and learning (ctl) approach were greater than the control class learning outcomes taught by using conventional learning. the test result of independent sample t-test on the influence of contextual teaching and learning (ctl) approach with conventional learning in terms of student learning result obtained by tcount 3,986 at significance level 0,05 and df = 66 obtained 1,6683 mean thitung > ttabel.thus, the use of contextual teaching and learning approach (ctl) has a significant effect on students' science learning outcomes. keywords: contextual teaching and learning, science learning outcomes