UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kecerdasan Logika Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan

Deskripsi Kecerdasan Logika Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan

Pengarang : Elika Tandililing

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kecerdasan logika matematika yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar. penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini yaitu 6 orang siswa yang terdiri dari kategori prestasi tinggi 2 siswa, prestasi sedang 2 siswa dan prestasi rendah 2 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes soal kecerdasan logika matematika dan dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan prestasi tinggi mampu memenuhi indikator kecerdasan logika matematika dengan baik dan benar kecuali pada 2 soal subjek melakukan sedikit kesalahan dalam melakukan operasi hitung bilangan. subjek dengan prestasi sedang mampu memenuhi dua indikator kecerdasan logika matematika dengan baik dan benar. sedangkan subjek dengan prestasi rendah mampu memenuhi satu indikator kecerdasan logika matematika. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat terlihat bahwa setiap subjek memiliki kecerdasan logika matematika, namun kecerdasan logika matematika setiap subjek memiliki deskripsi yang berbeda-beda. kata kunci: kecerdasan logika matematika, soal matematika

Abstrak Indonesia

The purpose of this study is to describe the intelligence of mathematical logic that students have in solving math problems of flat waking matter. this research uses descriptive qualitative research type. subjects in this study were 6 students consisting of high achievement category 2 students, moderate achievement 2 students and low achievement 2 students. data collection techniques used in this study are observation, interviews, tests about mathematical intelligence and documentation. the results of this study indicate that subjects with high achievement are able to meet the indicators of mathematical logic intelligence properly and correctly except on 2 subject problems make a little mistake in performing the count operation. subjects with achievement are able to meet two indicators of mathematical intelligence with good and right. while subjects with low achievement able to meet an indicator of mathematical logic intelligence. based on the results of this study can be seen that each subject has the intelligence of mathematical logic, but the intelligence of mathematical logic of each subject has different descriptions. keywords: mathematical logical intelligence, mathematical problem