
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning Pada Siswa Kelas V-B SDN 007 Tarakan
Pengarang : Astuti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips materi perjungan para tokoh pejuangan pada masa penjajahan belanda dan jepang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning pada siswa kelas v-b sdn 007 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 007 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas v-a sdn 007 tarakan yang berjumlah 26 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 12 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning dapat meningkatkan hasil belajar ips materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang siswa kelas v-b sdn 007 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 54% pada siklus ii meningkat menjadi 87%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 69% pada siklus ii meningkat menjadi 85%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 65% pada siklus ii meningkat menjadi 81%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: ptk, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to improve students’ learning result in student social science on the materials about the the pavilion of prominent figures during the belanda and japan colonial period. this research used the model of cooperative learning typed circuit learning to grade student at class iv-b of sdn 007 tarakan. the research design used by the researcher was classroom action research (car) conducted in sdn 007 tarakan in semester ii academic year 2016/2017. the subject of this research was the students at class v-b of sdn 007 tarakan. the number of the students in this class was 26 students of 14 males and 12 females. this research was conducted in two cycles. each cycle consists of two meetings. the procedure of each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. the data of this research was taken by using teacher’s observation sheet, cognitive assessment, phsycomotoric assessment and affective assessment. the result of this research proved that by using the model of cooperative learning typed circuit learning could improve students’ learning result in student social science about the the pavilion of prominent figures during the belanda and japan colonial period at class iv-b of sdn 007 tarakan. it could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. whereas, after applying the model of learning in cycle i, students’ percentage of success in cognitive aspect was 54% and improved to 87% in cycle ii. in cycle i students’ learning result in affective aspect was 69% and improved to 85% in cycle ii. then, in cycle i students’ learning result in phsycomotoric aspect was 65% meanwhile in cycle ii it was improved to 81%. therefore, it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success. keywords: classroom action research, learning achievement, model of cooperetive larning type circuit learning