
Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Kerangka Tubuh Manusia Di Kelas IV SDN 017 Tarakan
Pengarang : Apri Astutik
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pop-up book pada materi kerangka tubuh manusia yang layak. penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dari model borg & gall yang dimodifikasi oleh sugiyono (2016) yang dibatasi sampai pada tahap ke sembilan. instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa. uji coba produk menggunakan siswa kelas iv sebanyak 6 orang dan uji coba pemakaian menggunakan siswa kelas iv sebanyak 34 orang. proses pengembangan media pembelajaran pop-up book pada materi kerangka tubuh manusia untuk siswa kelas iv sdn 017 tarakan dilakukan melalui sembilan tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) menggumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk akhir. kelayakan media pembelajaran pop-up book diperoleh dari hasil validasi ahli materi sebesar 86,11% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 91,76% dengan kategori sangat layak, angket respon guru sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak, angket respon siswa uji coba produk sebesar 100% dengan kategori sangat layak, angket respon siswa uji coba pemakaian sebesar 97,4% dengan kategori sangat layak.berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan layak. kata kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, pop-up book
Abstrak Indonesia
The study aims to produce a learning media pop-up book on the material framework of a decent human body. this research is a research and development borg & gall model modified by sugiyono (2016) which is limited to the ninth stage. this research and development tool uses teacher interview guides, student interview guides, expert material validation questionnaires, media expert validation questionnaires, teacher response questionnaires, and student response questionnaires. trial of product using fourth grade student counted 6 people and trial usage use fourth grader student counted 34 people. the process of developing pop-up book learning media on human body frame material for grade iv students of sdn 017 tarakan is done through nine stages of research and development, namely: 1) potentials and problems, 2) information gathering, 3) product design, 4) design validation , 5) design improvements, 6) product testing, 7) product revisions, 8) trial usage, 9) revision of the final product. the feasibility of pop-up book learning media is obtained from 86,11% material expert validation result with very good category, media expert is 91,76% with very feasible category, teacher response questionnaire is 93,75% with very feasible category, response questionnaire student trial product of 100% with very feasible category, student response test questionnaire usage of 97,4% with very decent category. based on these results can be concluded learning media pop-up book developed feasible. keywords: research and development, learning media, pop-up book