
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Yang Menggunakan Media Puzzle Pada Siswa Kelas IV-A SDN 016 Tarakan
Pengarang : Amriati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe learning together yang menggunakan media puzzle pada siswa kelas iv-a sdn 016 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 016 tarakan pada semester i tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-a sdn 016 tarakan yang berjumlah 21 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 15 siswa dan perempuan berjumlah 6 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif , aspek afektif, dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together yang menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar ips materi pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi siswa kelas iv-a sdn 016 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 71% pada siklus ii meningkat menjadi 86%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 71% pada siklus ii meningkat menjadi 86%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 67% pada siklus ii meningkat menjadi 86%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: ptk, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe learning together yang menggunakan media puzzle
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to improve the learning outcomes of social science by implementing cooperative learning type learning together that uses media puzzle at class iv-a of sdn 016 tarakan. the research design used by the researcher was classroom action research (car) conducted in sdn 016 tarakan in semester i academic year 2016/2017. the subject of this research was the students at class iv-a of sdn 016 tarakan. the number of the students in this class was 21 students of 15 males and 9 females. this research was conducted in two cycles. each cycle consists of two meetings. the procedure of each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. the data of this research was taken by using students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, cognitive assessment, affective assessment and phsycomotoric assessment. the result of this research proved that by using the model of cooperative learning type learning together that uses media puzzle could improve students’ learning result in social science about the utilization of natural resources for economic activity at class iv-a of sdn 016 tarakan. it could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. whereas, after applying the model of learning in cycle i, students’ percentage of success in cognitive aspect was 71% and improved to 86% in cycle ii. in cycle i students’ learning result in affective aspect was 71% and improved to 86% in cycle ii. then, in cycle i students’ learning result in psychometric aspect was 67% meanwhile in cycle ii it was improved to 86%. therefore, it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success. keywords: classroom action research, learning achievement, model of cooperative larning type learning together that uses media puzzle